Read This Post

Pesawat Tak Berawak AS Kembali Beraksi, Tewaskan 14 Orang

Selasa, 11 Mei 2010 | 18:28 WIB
MIRANSHAH, KOMPAS.com — Pesawat-pesawat tak berawak AS memberondongkan 12 peluru kendali, menghancurkan satu kamp pelatihan para pejuang Islam di Pakistan, dan menewaskan 14 gerilyawan, pada Selasa (11/5/2010), demikian dikatakan para perwira keamanan.
Ini merupakan serangan kedua di daerah pegunungan yang sama dekat perbatasan Afganistan sejak Minggu, ketika AS menuduh kelompok Taliban Pakistan di balik rencana peledakan bom mobil di Times Square, New York, 10 hari lalu.

Kamp pelatihan milik gerilyawan itu ada kaitan dengan panglima perang Taliban Hafiz Gul Bahadur, yang dikenal mengendalikan 2.000 pejuang yang menyerang pasukan dipimpin AS di perbatasan Afganistan, menurut para penjabat.

Kompleks itu berada di daerah Lowara Mandi di distrik Waziristan Utara, yang diduga sebagai tempat perlindungan Taliban dan gerilyawan Al Qaeda, di wilayah suku semi-otonomi Pakistan.

"Menurut laporan terakhir yang kami terima, 14 gerilyawan tewas. Mereka menargetkan kompleks itu dan kendaraan-kendaraan yang diparkir di luar rumah tersebut," kata seorang perwira senior keamanan Pakistan kepada AFP dengan syarat tidak disebut namanya.

Para pejabat Pakistan sebelumnya memberitakan enam gerilyawan yang tewas, dan mengatakan pesawat-pesawat tak berawak AS itu melakukan serangkaian serangan terhadap kompleks tersebut, menembakkan sedikitnya 12 rudal.

Kebangsaan mereka yang tewas tidak segera jelas, atau ada informasi yang diduga sasaran peringkat tinggi. Seorang penjabat daerah menyebutkan, kamp latihan di desa Inzarkas itu sebagai tempat penampungan sementara terbuat dari batu bata yang terletak sekitar 50 kilometer di barat Miranshah, kota besar di Maziristan Utara.

Rencana pengeboman pada 1 Mei di New York yang gagal, yang menurut para penjabat AS difasilitasi oleh Tehreek-e-Taliban Pakistan itu, melemparkan sorotan kepada jaringan gerilyawan Islam yang berada di wilayah sabuk suku, di luar kendali pemerintah.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Pesawat Tak Berawak AS Kembali Beraksi, Tewaskan 14 Orang"

Posting Komentar