Read This Post

TEKNOLOGI PESAWAT SILUMAN


Secara umum, untuk tampil sebagai pesawat/kapal Stealth dibutuhkan Pengerjaan spesial tidak seperti pesawat/kapal model lain. Istilah yang sebenarnya menghilang tak terlihat, mereduksi (memperkecil) tampilan pesawat/kapal dalam monitor radar. Dalam monitor, radar yang mendeteksi keberadaan pesawat digambarkan berupa Dot Dot (bundaran-bundaran) yang mewakili besarnya pesawat tersebut (dan ini bukan berarti besar pesawatnya, namun seberapa besar sinyal yang dilepas radar mengenai body pesawat yang dikembalikan, hal ini berbicara mengenai bentuk body pesawat/kapal tersebut)
Cara yang dipakai agar menjadi sebuah pesawat Stealth adalah:
1. Dengan cara pemilihan bahan tertentu yang dilapisi pada bagian kulit luar Pesawat/kapal, maka akan mereduksi sinyal radar yang diterima oleh monitor radar di daratan.
2. Dengan mendesign pesawat sedemikian dengan bentuk pesawat/kapal yang tak bersudut untuk memantulkan kembali sinyal yang dilepaskan oleh stasiun radar di daratan.

Kerja radar secara simpel, seperti efek echo (gema), sebagai contoh, kita berteriak pada bibir sumur kearah dasar sumur, maka dengan rumus tertentu kita sebenernya bisa mengetahui berapa kedalaman sumur yang ada dibawah kita (Efek Doppler)

Yang muncul pada monitor bisa menentukan besar kecil nya pesawat (besar kecilnya pesawat juga bisa diartikan sebagai besar kecilnya ancaman terhadap sebuah situs pertahanan militer), atau radar cross section adalah perbandingan daya sinyal datang dengan daya sinyal yang terhamburkan, dan berfungsi sebagai pendeteksi kepadatan (kepadatan objek yang terkena sinyal)

Tabel keterangan bagaimana objek objek bergerak di konversi kan dalam hitungan , terlihat urutan pertama diatas adalah Kapal Induk yang tertangkap dengan terbesar yaitu 100.000 meter persegi, di ikuti dengan kapal penjelajah, pesawat besar, pesawat berbadan sedang, penempur besar, pesawat tempur kecil, manusia, sampai serangga (obejk terkecil)

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "TEKNOLOGI PESAWAT SILUMAN"

Posting Komentar