Read This Post

Jaring Informasi, Polisi Bentuk Komunitas Blog

Bandung - Hari ini, Kamis (11/3/2010), sebuah komunitas blogger terbentuk di Bandung. Yang menarik, blogger yang tergabung dalam komunitas ini adalah anggota polisi di seluruh jajaran atau satuan di bawah Polwiltabes Bandung.

Komunitas yang diberi nama Crime Blog Community ini adalah bentukan dari Polwiltabes Bandung, detikbandung, blogdetik serta Telkom Speedy.


Kapolwiltabes Bandung Kombes Imam Budi Supeno dalam sambutannya mengatakan bahwa pembentukan komunitas ini pada dasarnya adalah untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat.

"Seperti visi kita menjadi partnership dengan masyarakat. Ini adalah salah satu cara bagi kita untuk menambah kawan," paparnya.

Senada dengan Kapolwil, Wakapolwiltabes Bandung AKBP Purwolelono mengatakan bahwa komunitas tersebut salah satu funginya untuk menjaring informasi dari masyarakat.

"Kita kan ada program Pesona Sejuta Kawan. Dengan punya banyak kawan, kita dapatkan informasi dari masyarakat. Apakah kriminalitas, pelanggaran atau bahkan kinerja Polri. Tolong disorot," ungkap pria yang baru saja dinobatkan sebagai Blogstar di blogdetik ini.

Sebelumnya, selama hampir 2 minggu sebanyak 210 anggota polisi baik dari Polwiltabes ataupun satuan di bawahnya mengikuti pelatihan yang digelar setiap pagi di ruang Aula Mapolwiltabes Bandung, Jalan Jawa No 1.

Tidak hanya belajar membuat blog, pengetahuan umum tentang interne pun diajarkan dalam pelatihan tersebut.

Di tempat yang sama Pjs GM Datel Bandung Afianto Mukti mengungkapkan bahwa kenyataannya ke depan area kontak masyarakat tidak hanya fisik di jalanan. Area tindak kejahatan tidak hanya di jalanan semata. Tapi sudah memasuki area dunia maya.

"Karena itu lah, Polwiltabes Bandung adalah yang pertama kali mau belajar dan membuka wawasan terhadap internet. Karena ke depan sosialisasi masyarakat tidak hanya melalui kontak fisik, melainkan di dunia maya," tuturnya.

Crime Blog Community saat ini beranggotakan 210 polisi yang ikut dalam pelatihan tersebut. Rencananya pelatihan-pelatihan semacam ini akan terus dilaksanakan.

"Kita akan teruskan dan tingkatkan lagi pelatihan-pelatihan semacam ini. Harapannya Crime Blog Community ini menjadi media sosialisasi dan publikasi tugas-tugas Polri," tutup Kapolwil.
sumber : detikinet.com

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Jaring Informasi, Polisi Bentuk Komunitas Blog"

Posting Komentar