Read This Post

CERAMAH HUKUM TENTANG TATA CARA PERNIKAHAN, PERCERAIAN, DAN RUJUK BAGI PERSONEL DEPOHAR 50

Pada hari Senin, 22 Maret 2010 dilaksanakan ceramah hukum yang bertempat di Gedung Graha Indra Paksa Depohar 50. Dalam acara ini dihadiri oleh seluruh pejabat dan personel yang berjumlah 236 personel Depohar 50 beserta ibu PIA cabang Depo 50 . Ceramah ini disampaikan oleh Perwira Hukum  Lanud Adi Soemarmo  yang diwakili oleh Kaurbankum Hukum Lanud Adi Soemarmo , KAPTEN SUS BETARUM S,S.H. Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan segala hal tentang TATA CARA PERNIKAHAN, PERCERAIAN, DAN RUJUK BAGI PRAJURIT TNI AU yang sesuai dengan aturan yang berlaku.


Pelaksanaan kegiatan ceramah ini diawali dengan Laporan perwira yang ditunjuk kepada Komandan Depo Pemeliharaan 50. Delam sesi ini perwira yang ditunjuk melaksanakan laporan adalah Kapten Elektronika Benny Setiawan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan Komandan Depohar 50 Kolonel Elektronika Ir. Junianto M.M.  Setelah sambutan Komandan Depohar 50 selesai, acara ceramah langsung sepenuhnya diberikan kepada penceramah Kapten Sus Betarum S,SH untuk menyampaikan materi.
Kegiatan ceramah ini diselenggarakan dengan maksud sebagai pedoman pelaksanaan pernikahan, perceraian, dan rujuk  bagi personel Depohar 50 dengan tujuan dapat terlaksana sesuai dengan aturan perundang-undangan serta hukum agama yang dianut personel  Depohar 50.

Pelaksanaan ceramah tentang hukum ini dilaksanakan secara dua arah  antara peserta ceramah dengan penceramah , sehingga tidak dilaksanakan secara pasif dari penceramah saja. Hal ini dilakukan untuk lebih mempermudah pemahaman Personel Depohar 50 beserta Ibu PIA Cabang Depohar 50 mengenai materi yang disampaikan.  

Dalam kesempatan ceramah ini disampaikan materi  mengenai landasan, kedudukan, ketentuan umum dan khusus serta tataran kewenangan dalam tata cara nikah, cerai dan rujuk bagi prajurit TNI AU sehingga dalam setiap pelaksanaanya mempunyai dasar yang kuat didalam hukum.

Yang menjadi  landasan hukumnya adalah :
1.    UU 1/1974 tentang Perkawinan
2.    Peraturan Pang TNI no.   Perpang/11/VII/2007 tgl 4-7-2007 tentang Tata cara Pernikahan, Perceraian,dan Rujuk Bagi Prajurit
3.    Skep Kasau no.Skep/390/XII/205 tgl 9-12-2005 tentang Bujukin TNI AU tentang Binpers &Teman
4.    Skep Kasau no Skep/227/VII/2006 tentang Bujuklaks TNI AU tentang Watpers

Untuk pelaksanaannya semua diatur dalam bujuknis TNI AU tentang Tata Cara Pernikahan, perceraian, dan rujuk bagi Prajurit TNI AU yang merupakan penjabaran dari Bujuklaks TNI AU tentang Watpers. Disampaikan pula sanksi bagi prajurit yang melanggar ketentuan tersebut contohnya pelanggaran yang dilakukan oleh siswa dikma/diksar yang terbukti sudah menikah, maka akan mendapatkan sanksi dicopot atau dikeluarkan dari pendidikannya tersebut.

Tidak kalah pentingnya penceramah juga menyampaikan sedikit gurauan dan bercandaan yang membuat peserta ceramah tersenyum bahkan ada yang sampai tertawa lepas sehingga membuat semakin menariknya kegiatan ceramah tersebut. Hal ini terbukti dari antusiasme para peserta ceramah yang memperhatikan ceramah dengan tertib dan  banyak disampaikan pertanyaan kepada penceramah mengenai hal- hal yang belum dimengerti.

Dalam akhir ceramahnya, Penceramah juga menyisipkan tips-tips tentang hidup berumah tangga  yang diambil dari sumber  Prof. Dr. M. Azahra, M.Ag, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya/Imam Masjid Al Akbar Surabaya . Tips itu disampaikan penceramah dengan sebutan  5 Ta’ yang memiliki isi yaitu :

1.    Ta’aruf saling mendekati pasangan
2.    Ta’afum saling memehami pasangan
3.    Ta’abuk saling menyayangi pasangan
4.    Ta’abud saling membantu pasangan
5.    Ta’afu saling memaafkan pasangan

Dengan disampaikannya ceramah tentang hukum mengenai tata cara nikah , cerai dan rujuk dilingkungan Depohar 50 ini diharapkan mampu memberi pengertian dan pemahaman yang mudah bagi seluruh Anggota Depohar 50 beserta istri. Sehingga nantinya apabila ada Anggota Depohar 50 yang berkenan melaksanakan pernikahan, perceraian ataupun rujuk dapat sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "CERAMAH HUKUM TENTANG TATA CARA PERNIKAHAN, PERCERAIAN, DAN RUJUK BAGI PERSONEL DEPOHAR 50"

Posting Komentar