Read This Post

PIALA DUNIA FIFA 2010 AFRIKA SELATAN

Piala dunia FIFA 2010 adalah piala dunia ke 19, suatu kejuaraan sepak bola internasional yang putaran finalnya berlangsung pada 11 juni sampai 11 juli 2010 di Afrika selatan. Ini adalah pertama kalinya turnamen ini diselenggarakan oleh negara yang terdapat di wilayah konfederasi CAF, sehingga menyisakan OFC sebagai satu-satunya konfederasi yang belum pernah menyelenggarakan Piala Dunia FIFA.Benua afrika dipilih untuk menjadi tuan rumah kompetisi ini, sebagai bagian kebijakan baru FIFA untuk merotasi tempat penyelenggaraan turnamen Piala Dunia FIFA di antara konfederasi-konfederasi FIFA.



TIM PESERTA PIALA DUNIA FIFA 2010


AFC : Australia , Jepang, Korea selatan, Korea utara
CAF : Afrika selatan, Aljazair, Ghana, Kamerun, Nigeria,  Pantai gading
CONCACAF : Amerika serikat, Honduras, Meksiko
CONMEBOL : Argentina, Brasil, Chili, Paraguay, Uruguay
OFC : Selandia baru
UEFA : Belanda, Denmark, Inggris, Italia, Jerman, Perancis, Portugal, Serbia, Slovenia, Slowakia, Spanyol, Swiss, Yunani







Ini merupakan piala dunia pertama tanpa tim debutan yang melaju. Walaupun 2 tim, yaitu Serbia dab Slowakia telah bermain sebelumnya dalam satu kesatuan Negara. Dalam kasus ini, FIFA menganggap tim-tim ini meneruskan rekor dari negara awalnya.







-- MASKOT --
Maskot resmi turnamen kali ini adalah Zakumi. Zakumi adalah seekor macan tutul berwarna kuning, dengan rambut berwarna hijau. Menggunakan kaos berwarna putih yang bertuliskan “South Africa 2010”, celana pendek berwarna hijau dan tangan kanan memegang bola. Zakumi lahir pada 16 juni 1994, bertepatan dengan hari pemuda di afrika selatan sehingga akan dirayakan secara global dengan tajuk Piala Dunia FIFA 2010.



-- TEMPAT PENYELENGGARAAN --

Stadion FNB
Stadion ini terletak di kota Johannesburg, yang merupakan kota terbesar di afrika selatan. Stadion yang mulai dibuka tahun 1987 ini akan menjadi tempat pertandingan pertama dan pertandingan final nantinya. Stadion yang pada tahun 2009 direnovasi dan menghabiskan dana 200 juta Dolar AS ini memiliki kapasitas sebesar 94.900.


Stadion Moses Mabidha.  Stadion yang terletak di kota Durban ini memiliki kapasitas sebesar 70.000. Kota Durban terkenal sebagai tempat istirahat di hari libur dan tempat hiburan terkenal di Afrika selatan. Selain itu juga terkenal dengan pelabuhan Durban, yang merupakan pelabuhan tersibuk di benua Afrika. Stadion yang dibuka tahun 2009 ini akan melaksanakan 8 pertandingan.


Stadion Green Point. Stadion yang sedang dikontruksi untuk piala dunia ini terletak di kota Cape town yang merupakan ibu kota legislatife Afrika selatan. Stadion ini memiliki kapasitas sebesar 69.070. Stadion ini akan melaksanakan 8 pertandingan.


Stadion Ellis Park. Stadion yang sebenarnya merupakan stadion rugby union ini terletak di kota Johannesburg. Dibuka mulai tahun 1928 mengalami 2 kali renovasi, yaitu pada tahun 1982 dan 2008. Stadion yang memiliki kapasitas 68.000 ini akan melaksanakan 7 pertandingan.


Stadion Loftus Versfeld. Stadion ini namanya diambil dari pendiri olahraga yang diorganisir di Pretoria yaitu Robert owen loftus versfeld. Terletak di kota Pretoria dan memiliki kapasitas sebesar 51.760. Pretoria merupakan pusat pemerintahan negara ini. Sebelumnya kota ini dikecam karena menjadi pusat pemerintahan Apartheid. Stadion ini akan melaksanakan 5 pertandingan.


Stadion Nelson Mandela Bay. Stadion yang pada bulan februari 2009 selesai direnovasi ini terletak di teluk nelson Mandela dan memiliki kapasitas sebesar 48.000. stadion ini akan melaksanakan 7 pertandingan.


Stadion free state. Stadion yang juga dikenal dengan nama stadion taman Vodacom ini terletak dikota Bloemfontein. Kota ini merupakan ibu kota yudikatif afrika selatan.  Mempunyai kapasitas sebesar 48.070 ini akan melaksanakan 6 pertandingan.


Stadion Peter Mokaba. Stadion yang memiliki kapasitas sebesar 46.000 ini terletak di kota polokwane. Stadion ini dibangun khusus untuk menyambut piala dunia FIFA 2010. Di stadion ini akan diselenggarakan 7 pertandingan.


Stadion Mbombela. Stadion yang terletak di kota Nelspruit ini dibangun untuk menyambut piala dunia FIFA 2010. Memiliki kapasitas sebesar 44.000 dan selama piala dunia akan digunakan 7 pertandingan.


Stadion Royal Bafokeng.  Stadion ini terletak dikota Rustenburg dan dibangun pada tahun 1995. Memiliki kapasitas sebesar 42.000. Selain sepak bola stadion ini juga sering digunakan untuk pertandingan rugby. Selama piala dunia stadion ini akan digunakan sebanyak 6 pertandingan.


Pembagian Grup Putaran Final Piala Dunia FIFA 2010




Grup A
Grup B
Grup C
Grup D
1.    Afrika Selatan
2.    Meksiko
3.    Uruguay
4.    Perancis
1.   Argentina
2.   Nigeria
3.   Korea selatan
4.   Yunani
1.    Inggris
2.    USA
3.    Aljazair
4.    Slovenia
1.    Jerman
2.    Australia
3.    Serbia
4.    Ghana
Grup E
Grup F
Grup G
Grup H
1.    Belanda
2.    Denmark
3.    Jepang
4.    Kamerun
1.    Italia
2.    Paraguay
3.    Selandia Baru
4.    Slowakia
1.    Brasil
2.    Korea Utara
3.    Pantai Gading
4.    Portugal
1.    Spanyol
2.    Swiss
3.    Honduras
4.    Chili

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "PIALA DUNIA FIFA 2010 AFRIKA SELATAN"

Posting Komentar