Read This Post

TV Plasma vs TV LCD dan LED TV

Perbedaan TV Plasma dan TV LCD

Bila anda menginginkan televisi yang tipis, mungkin anda menginginkan LCD atau Plasma TV. LCD dan Plasma hampir tidak dapat dibedakan secara visual. Kedua-duanya memiliki kemampuan dalam memberikan hasil yang terbaik, namun disitu pulalah terdapat perbedaan. Sangat penting untuk diketahui bahwa LCD dan Plasma adalah 2 teknologi yang sangat berbeda. Sampai saat ini, untuk memilih LCD atau Plasma masih relative mudah. Plasma TV jelas masih lebih unggul dibandingkan LCD dalam hal performance walaupun memang masih lebih mahal. Pilihan anda cuma, bayar lebih sedikit dan pilihlah LCD yang tidak-begitu-baik. Atau, bayar mahal dan miliki Plasma TV. Namun belakangan ini, pilihan semakin sulit ketika teknologi dan performance pada LCD semakin bagus dan harganya terus turun. Hampir bisa dikatakan kalau mereka berdua sudah pada kelas yang sama.

PLASMA TV Sebuah Plasma TV terdiri dari 2 pelat kaca yang diisi oleh ratusan bahkan ribuan sel yang berisi gas. Sel-sel ini berisikan gas neon dan dilapisi oleh fosfor sehingga membuat mereka seperti lampu neon mini. Masing2 sel plasma tersebut dapat diberi tenaga listrik agar melepaskan photon ultraviolet. Photon-photon ini lah yang menyebabkan fosfor yang melapisi sel tersebut berubah warna. Dengan menghidupkan dan mematikan sel-sel ini pada saat dan rangkaian yang tepat setiap 1/1000 detik, gambar terbentuk.

Sebenarnya, tiap sel terdiri oleh 3 sel yang masing masing memberikan warna merah, hijau dan biru. Dengan mengkombinasikan warna2 tersebutlah tercipta gambar.

LCD TV Berbeda seperti Plasma TV, pixel pada LCD TV tidak memberikan cahaya sendiri. Sebuah Kristal cair terperangkap dalam 2 lembar kaca dan seluruhnya disinari oleh cahaya yang datang dari belakang. Memvariasikan arus listrik yang datang dari belakang mengontrol seberapa besar cahaya yang menerangi masing2 pixel tersebut.

Mana yang lebih baik?

Tidak ada definisi yang tepat dalam menjawab pertanyaan ini karena tergantung pada bagaimana anda menilai faktor2 seperti Harga dan Performance pada tiap-tiap ukuran.

HARGA Harga LCD dan Plasma akhir2 ini telah berada pada persimpangan yang sama, namun, Plasma masih tetap memiliki taring pada TV ukuran besar. Pada TV ukuran kecil, LCD telah mendominasi teknologi yang ada sehingga perdebatan LCD dan Plasma seharusnya berakhir disini. Pada TV ukuran menengah, harga secara kasar hampir sama.

PERFORMANCEPlasma memang masih lebih unggul dibandingkan LCD, namun, perbedaan2 ini akan hilang seiring dengan waktu. Karena faktor alami dari sinar belakang, LCD tidak memiliki latar hitam yang baik sehingga kemampuan kontras LCD tidak lebih baik dari Plasma.

Bila anda menggunakan Plasma TV pada ruangan dengan penerangan rendah, maka perbedaan ini akan semakin mencolok. Namun bila pada ruangan dengan penerangan yang normal/cukup, masalah LCD vs PLASMA tidak akan terjadi.

Sudut pandang juga merupakan 1 nilai tambah buat Plasma TV, namun sekali lagi, perbedaan ini semakin menghilang. Namun demikian, tetaplah penting untuk mengecek spesifikasi yang ada untuk disesuaikan dengan keinginan dan dekorasi yang ada. Cobalah sudut pandang ini di took sebelum membeli.

Hal terakhir yang harus diperhatikan sebelum memutuskan LCD atau Plasma, adalah resolusi layar atau pixel pada setiap inch. Selain TV ukuran sangat besar, LCD menawarkan jumlah pixel lebih tinggi daripada Plasma. Pada ukuran menengah, dimana harga keduanya hampir sama, LCD dipastikan menang dalam pertarungan ini.

Sedangkan LED TV?

Perkembangan Teknologi semakin cepat dan menuju ke teknologi ramah lingkungan. Banyak perusahaan yang mencoba untuk mengurangi pemanasan global alias global warming untuk setiap produknya, baik produk elektronik maupun produk lainnya. Salah satu perkembangan teknologi elektronik yang ramah lingkungan adalah Televisi. Perkembangan teknologi televisi mengalami evolusi menuju penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dengan fitur yang lebih modern. Perkembangan teknologi tak lepas dari perkembangan teknologi lainnya, dari ditemukannya hukum Gelombang Elektromagnetik oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) (awal dari era komunikasi elektronik), George Carey menemukan sinar katoda (1876) sampai ditemukannya televisi tabung pertama kali di dunia oleh Vladimir Kozma Zworykin pada tahun 1923 dan televisi berwarna pada tahun 1940 oleh Peter Goldmark. Tahun 1956 Robert Adler dan Eugene Polley menemukan remote control televisi. Penggunakan tabung dalam televisi yang dianggap tidak dinamis maka banyak penelitian yang ingin mengganti teknologi tabung menggunakan teknologi LCD (Liquid Crystal Display) dan gagasan ini pertama kali dikemukakan oleh Dr. Glenn Brownide pada tahun 1958 pada karya tulis ilmiahnya tentang LCD sebagai tampilan layar televisi. sedangkan LCD sendiri adalah perkembangan dari penemuan liquid crystals oleh Freidrich Reinitzeer (1888). Kemudian teknologi televisi berkembang pesat sampai ditemukannya teknologi Organic Light Emitting Diode (OLED) oleh Ilmuan perusahaan Kodak (1979), dan teknologi LCD berwarna yang stabil dan cemerlang (1995, oleh Larry Weber). Dan yang terbaru adalah penggunakan teknogi Light Emitting Diode (LED) pada Televisi.


Televisi berbasis LED pertama kali dibuat oleh Sony pada tahun 2004, kemudian Philips elektronik tak mau ketinggalan dan diikuti oleh perusahaan elektronik asal korsel Samsung dan LG. Menyikapi perkembangan LED sebagai teknologi yang ramah lingkungan karena dipercaya dapat menghemat energi sebesar 48%. Untuk Televisi LED Sony mengeluarkan produk Bravia seri X, sedagkan Philips mengeluarka seri 8000  sampai yang paling anyar cinema 21:19 kecuali  essence, samsung mengeluarkan seri LED TV series 6, 7 dan 8 sedangkan LG Electronics meluncurkan seri LH90 240 megahertz.

Samsung menyikapi perkembangan teknologi LED dengan serius dengan cara membuka perusahaan LED gabungan antara Samsung Electro-Mechanics dan Samsung Electronics. Perusahaan ini nantinya akan membuat produk-produk yang berasal dari teknologi LED. Seperti yang aku bilang di atas samsung sudah mengeluarkan Produk Tv dengan teknologi LED yaitu Samsung LED TV Series6, 7 dan 8. Samsung LED TV Seri 6: Desain ramping yang menggoda disertai dengan keindahan estetika; Samsung LED TV Seri 7: Jembatan hiburan menuju kepuasan baru yang lebih tinggi melalui konektifitas yang inovatif; Samsung LED TV Seri 8 : Desain premium dan kinerja yang kokoh dengan teknologi masa depan.
Sony Bravia X Series - KLV-55X450A
philips cinema 21:9
samsung LED TV

LG seri LH90 240 megahertz

Keunggulan dari Samsung LED Series yang dapat anda nikmati anyara lain:
  • Kualitas Gambar yang Sempurna. Semua Samsung LED TV Series dilengkapi dangan Fitur Mega Contrast Ratio menampilkan setiap perbedaan dari abu-abu. Wide Color Enhancer Pro dengan LED gamut memastikan setiap semua piksel kuat dan vibra serta menonjolkan perbedaan dari amber, fuschia dan magenta. Teknologi Motion Plus (200Hz tuk seri-8 dan 100Hz tuk seri-6 & 7) yang bisa menghilangkan tepian-kabur. Dan yang paling penting adanya keserasian antara kontras, warna dan kejernihan sehingga membuat gambar yang dihasilkan begitu lembut, tegas, sangat menarik dan lebih hidup.
  • Desain yang Elegan dan Fleksibel. Dengan mengusung warna Rose Black dan di lengkapi dengan Light effect dan swivel serta Type Crystal Design (seri-6 & 7) dan Platinum Black (seri-8) membuat produk ini terasa elegan ditambah dengan berbagai feature yang ditawarkan. Ukurannya yang begitu tipis dan ringan membuatnya seperti bingkai gambat yang bisa di taruh di dinding atau di meja tergantung selera kita.
  • Ramah Lingkungan dan Hemat Energi. Denfan menggunakan Teknologi LED bebas merkuri dan dapat menghemat daya listrik hingga 40% maka emisi CO2 menjadi lebih sedikit. Dan penggunakan Frame bezel yang daur ulangnya tidak berisi VOCs. Kemudian radiasi yang dihasilkan dari pancaran LED lebih sedikit, dan tidak menggunakan semprotan cat. Dengan teknologi tersebut kita bisa ikut serta dalam mengurangi Global warming.
  • Fasilitas Multimedia. Dilengkapi dengan USB 2.0 Samsung LED Series mampu untuk memfasilitasi kita agar tak ketinggalan dalam proses multimedia, kita bisa memainkan, menyimpan dan menghapus data berupa gambar, video bahkan musik. Dengan Fitur HDMI kita bisa mendapatkan gambar dan video HD ke dalam LED TV. Dengan  fasilitas content Management (seri-7 & 8) kita bisa melakukan menghubungkan LED TV dengan PC (memakai LAN dan DLAN). Tuk audio yak usah kawatir karena sudah disediakan SRS TruSurround HD dan woofer.
Kelemahan dari penggunaan LED TV adalah cepat panas dan harga yang ditawarkan Lebih mahal daripada LCD TV dengan ukuran yang sama. Tapi dengan harga yang mahal imbang dengan yang kita dapatkan dari LED TV, apalagi saat kondisi yang sedang resesi ekonomi seperti ini. Tapi next time pasti akan ada perkembangan teknologi yang lebih baik dan ramah lingkungan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua terutama yang mau membelinya. (sumber:http://trinil.wordpress.com)

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

1 Response to TV Plasma vs TV LCD dan LED TV

Anonim
Minggu, 28 Februari, 2010

Hi everyone! I don't know where to begin but hope this place will be useful for me.
I will be happy to get some help at the beginning.
Thanks in advance and good luck! :)

Posting Komentar