Read This Post

Kemampuan yang dimiliki Google Search

Secara lengkap bisa dilihat di halaman google.co.id dan klik Penelusuran lanjutan dengan alamat http://www.google.co.id/advanced_search?hl=id atau dicari di url berikut ini yaitu: http://www.google.com/intl/en/help/features.html. Namun demi alasan kepraktisan tulisan berikut ini hanya merupakan resume dari kedua sumber tersebut. Secara umum, jenis pencarian di Google mempunyai dua kemampuan yaitu: Basic Search dan Advanced Search. Basic Search adalah fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan yaitu ketika mengakses langsung google.com. Sedangkan Advanced Search menyediakan berbagai pilihan fitur pencarian baik untuk operator dasar, file format yang ingin kita cari, bahasa, daerah dan sebagainya. Sebenarnya masih sangat banyak fitur pencarian yang bisa kita gunakan, tapi tidak terdapat di menu pilihan Advanced Search. Jadi kita harus memasukannya query di kotak pencarian di Basic Search secara langsung. 
 
Berikut ini beberapa daftar kemampuan yang dimiliki oleh Google yang bisa dicari dengan memasukkan query bersama dengan operator lain di kotak pencarian Google.

a. Fitur Pencarian Dasar

1. AND: Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif berikut:
tentara AND nasional AND indonesia
tentara+nasional + indonesia

2. OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif berikut:
tentara OR laskar
tentara | laskar

3. FRASE: Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”.
“tentara+nasional + indonesia”

4. NOT: Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata tentara nasional tapi bukan tentara nasional indonesia.
Tentara nasional – indonesia

5. SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: soldier dan sinonim-sinonimnya seperti war, mercenaries dan sebagainya.
~soldier

6. ASTERIK (*): Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: tentara nasional indonesia, tentara allah indonesia, tentara islam indonesia, tentara baik indonesia, tentara daerah indonesia dan sebagainya.
tentara * indonesia

7. TANDA TITIK (.): Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: topi, toni, toti, tori, tomi, dan sebagainya.
to.i (dalam percobaan tidak sesuai dengan yang diinginkan)

8. CASE INSENSITIVE: Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi, tentara nasional indonesia, Tentara NASIONAL iNDOnesia akan membawa hasil pencarian yang sama

9. PENGABAIAN KATA: Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari.

10. I’M FEELING LUCKY (SAYA LAGI BERUNTUNG): Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita
Tentara nasional indonesia akan langsung menuju pada halaman http://www.tni.mil.id/

b. Fitur Pencarian Lanjut

1. DEFINE: Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang e-learning dari berbagai sumber
define:tentara apabila definisinya ada akan ditampilkan tetapi apabila definisinya tidak ada akan disampaikan tidak ada definisinya.

2. CACHE: Menampilkan situs web yang telah diindeks oleh Google meskipun sudah tidak aktif lagi. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata elearning pada situs pusinfolahtatni.mil.id yang ada di indeks Google.
cache:pusinfolahtatni.mil.id elearning

3. LINK: Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs pusinfolahtatni.mil.id
link: pusinfolahtatni.mil.id

4. RELATED: Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs
related: pusinfolahtatni.mil.id

5. INFO: Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs
info: pusinfolahtatni.mil.id

6. SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk
java site:pusinfolahtatni.mil.id
site: pusinfolahtatni.mil.id

7. FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah: pdf, ps, dwf, kml, kmz, xls, ppt, doc, rtf, swf. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword tentara nasional indonesia
tentara nasional indonesia filetype:pdf

8. ALLINTITLE: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title Tentara Nasional. allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan tersebut.
allintitle:tentara nasional

9. INTITLE: Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title tentara dan isi halaman yang mengandung kata nasional
intitle:tentara nasional

10. ALLINURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata tentara dan nasional. allinurl ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk keperluan tersebut.
allinurl:tentara nasional

11. INURL: Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata tentara dan isi halaman yang mengandung kata nasional
inurl:tentara nasional

Pencarian informasi yang kita lakukan akan semakin efektif apabila kita menggabungkan beberapa operator baik yang ada di fitur pencarian dasar maupun lanjut. Misalnya, kita ingin mencari file-file PDF yang ada di situs http://www.tni.mil.id/. Maka kita gabungkan dua operator menjadi: filetype:pdf site:www.tni.mil.id

Disamping fitur-fitur di atas Google juga bis digunakan untuk keperluan-keperluan seperti berikut ini:

1. Perhitungan matematika sederhana.
Mesin cari Google bisa melakukan perhitungan matematika sederhana seperti penjumlahan, perkalian, pembagian atau pengurangan, karena memiliki kemampuan fungsi sebagai kalkulator. Ketikkan angka yang ingin dihitung beserta tanda perhitungannya ke dalam kotak mesin cari, misalnya: 17+8*45, lalu tekan tombol Enter atau klik tombol Search di Google.

2. Konversi mata uang.

Fasilitas konversi mata uang juga tersedia di mesin cari Google. Cukup ketikkan angkanya diikuti tanda  mata uangnya yang ingin dikonversi dari mata uang tertentu ke mata uang yang diinginkan di kotak mesin cari, misalnya: 100 USD in IDR, lalu tekan Enter.

3. Melihat waktu di berbagai kota di seluruh dunia.

Anda bisa mencari tahu waktu lokal di sebuah kota atau negara lain. Cukup ketikkan time in [nama kota/negara] di kotak pencarian untuk mencari tahu dengan mudah waktu lokal di sebuah kota/negara. Misal: time in [Jakarta].

4. Konversi unit.

Selain berfungsi sebagai kalkulator, mesin cari Google juga bisa mengkonversi ukuran. Misalnya: 100 inch in meter.
Demikian uraian singkat mengenai penggunaan Google untuk mencari informasi dengan tepat dan cepat khususnya untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas akademik yang diberikan.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Kemampuan yang dimiliki Google Search"

Posting Komentar