Read This Post

Penegakan Hukum di Tubuh TNI


PUSPEN TNI (2/12),- Dalam rangkaian “integrated criminal justice system” setiap unsur penegak hukum hendaknya menyadari dan menguasai perannya masing-masing, serta melaksanakan peran itu secara optimal, berdasarkan ketentuan dan prosedur hukum yang berlaku, sesuai dengan tata kehidupan militer, yang bertujuan untuk memperoleh keadilan, kebenaran dan kepastian hukum. Demikian dikatakan Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso pada saat pembukaan Rapat Koordinasi Penegakan Hukum TNI Tahun 2009 di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (1/12).

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, akhir–akhir ini masyarakat semakin gencar menuntut penerapan hukum yang benar dan adil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Disisi lain, terdapat instansi terkait yang sama-sama memiliki kewenangan tetapi berbeda penafsiran terhadap aturan yang ada, oleh karena itu selaku aparat penegak hukum di lingkungan TNI tidak boleh ragu dalam menghadapi tantangan tugas tersebut, namun sebaliknya jadikanlah tantangan tersebut sebagai motivasi, semangat juang dan tekad yang kuat untuk melaksanakan tugas sebagai penegak hukum.

Dalam Rapat Koordinasi Penegakan Hukum TNI Tahun 2009 kali ini dilaksanakan selama satu hari, melibatkan satuan jajaran Babinkum TNI, Kum Angkatan, Pom Angkatan, Ssuspom TNI dan Dilmiltama, guna menyamakan visi dan persepsi dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI. Personel yang terlibat dalam Rakorgakkum berjumlah 133 orang terdiri dari 60 orang peserta, 17 orang peninjau, 18 orang undangan dan 38 orang sebagai panitia.

Panglima TNI berharap kepada peserta Rakor Hukum ; jadikanlah hukum sebagai suatu kebutuhan untuk dapat memberikan perlindungan, rasa aman dan dapat menjamin hak-hak prajurit bersama keluarga secara adil ; tingkatkan profesionalisme dan mantapkan landasan moral dalam melaksanakan pembinaan dan penegakan hukum untuk mendukung terlaksananya tugas pokok TNI.

Hadir dalam upacara pembukaan antara lain ; Irjen TNI - Letjen TNI Liliek AS. Sumaryo, S.IP., Asintel Panglima TNI - Mayjen TNI Anshory Tadjudin, Aspers Panglima TNI - Marsda TNI Agus Mudigdo, S.E., Aslog Panglima TNI - Mayjen TNI Abdul Ghofur, S.E., Aster Panglima TNI - Mayjen TNI Suprapto, S.Sos, Kapuspen TNI - Marsda TNI Sagon Tamboen, S.IP., Kababinkum TNI - Laksda TNI Henry Willem, S.H., S.IP dan para undangan lainnya.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Penegakan Hukum di Tubuh TNI"

Posting Komentar