Read This Post

Kasum TNI Membuka Seminar Open Source Mabes TNI 2009




PUSPEN TNI (3/12),- Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo, membuka Seminar Open Source Mabes TNI 2009, di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta , Kamis (3/12).

Kasum TNI dalam amanatnya menyatakan, berkaitan dengan kepentingan organisasi TNI yang terus berbenah diri menuju organisasi yang modern dan dinamis, langkah Indonesia melalui Kementerian Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Departemen Pendidikan Nasional dibidang teknologi informasi sangat sejalan dengan TNI untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui pemanfaatan teknologi informasi yang tepat dan berdaya guna.

Secara umum ada dua jenis perangkat lunak yang beredar di masyarakat, perangkat lunak yang bersifat Profietary (hak kepemilikan) dan perangkat lunak Free Open Source Software (bebas dan terbuka). Perangkat lunak seperti Operating System Windows, Ms Office penggunaannya terbatas dan mahal, para pengguna tidak diijinkan untuk menggandakan, menyebarkan, dan memodifikasi perangkat tersebut, sehingga membatasi keluasaan pengguna sehingga menimbulkan penggunaan perangkat lunak secara illegal, tegas Kasum TNI.

Lebih lanjut Kasum TNI menyatakan melalui seminar ini dapat mewujudkan organisasi TNI yang modern dan mandiri guna mendukung gerakan Indonesia, Go Open Source (IGOS), serta timbul kesepahaman dikalangan TNI untuk memanfaatkan Perangkat Lunak Open Source di jajaran TNI yang akan disosialisasikan mulai tahun anggaran 2010, oleh Pusat Informasi Dan Pengolahan Data (Pusinfolahta) TNI yang didukung Kementerian Riset dan Teknologi, Depkominfo serta masyarakat komunitas Open Source Indonesia. Harapannya jajaran TNI telah menggunakan perangkat lunak Open Source pada Desember 2011 mendatang.

Seminar diikuti oleh 81 orang perwakilan dari jajaran TNI antara lain, dua orang dari Dephan RI, 60 orang dari Mabes TNI, tujuh orang dari Angkatan Darat, enam orang dari Angkatan Laut, dan enam orang dari Angkatan Udara. Dalam penggunaan perangkat lunak yang bersifat bebas biaya dan terbuka (Free Open Source Software), serta upaya menghindari penggunaan perangkat lunak illegal.

Upaya Pemerintah Indonesia belum optimal jika dibanding dengan negara-negara lain. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia adalah mencanangkan penggunaan perangkat lunak Open Source (Linux, Open Office) dijajaran Departemen, Kementerian, Instansi Pemerintah termasuk TNI, sebagai pengganti penggunaan perangkat lunak yang mahal dan tidak memberi keleluasaan yang cukup bagi penggunanya.
Turut hadir pada Seminar tersebut Irjen TNI Letjen TNI Liliek AS., Asrenum Panglima TNI Marsda TNI Amirullah Amin, Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Sudarmaidy S., Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Heridadi, M.Sc., dan Kapusinfolahta TNI Marsma TNI Ir. Ida Bagus Suryaadikara.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

2 Response to Kasum TNI Membuka Seminar Open Source Mabes TNI 2009

Anonim
Sabtu, 12 Desember, 2009

Bingung...mau dukung pembajak atau dukung monopoli software legal di pasar Indonesia?

Sabtu, 26 Desember, 2009

:) maju terus open source...

Posting Komentar