Read This Post

Suka Robot dot Com

Salman, pria kelahiran Jambi 38 tahun lalu ini memulai karir tahun 1995 di perusahaan swasta plastik terbesar di Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Mesin di Universitas Andalas-Padang. Lulusan terbaik jurusan mesin 1990 ini masuk PT Dynaplast sebagai Management Trainee utk kemudian menjabat sebagai Head of Technical Support PT Dynaplas Jatake selama kurang lebih 4 tahun setelah kemudian dipromosikan ke Dynaplast Cibitung sebagai Technical/Production Manager selama 5 tahun (1999-2004).

Tahun 2004 dipercaya membantu pengembangan pabrik baru di Ho Chi Minh City Vietnam. Plant baru yang dibangun dengan 100% investasi Dynaplast menjadi proyek ambisius Dynaplast untuk mencapai visi-nya menjadi perusahaan plastik terkemuka di Asia Pasifik. Sekembalinya dari tugas di Vietnam sebagai Plant Manager selama hampir 4 tahun (2005-2008), dipercayai utk menjalankan proyek Blow machine development di Divisi Mechatronic Dynaplast Mold Center (2009) dan membantu Dynaplast Jatake Plant untuk memperbaiki efisiensi Departemen Blow molding. Beberapa course dan project baik dalam dan luar negeri didapati selama bekerja di Dynaplast selain sebagai internal traineer utk modul-modul: supervisory principles, leadership, plastic processing (Injection and blow molding) serta beberapa technical training.

Obsesi membantu perkembangan robotika ditanah air mendorong terbentuknya www.sukarobot.com sebagai wadah untuk mewujudkan dan menyalurkan robotic hobby bagi umum, pelajar dan mahasiswa. Hobby yang ditekuni sejak bangku kuliah ini menjadi topic yang dipilih sebagai proyek tugas akhir S1 dan S2-nya. Kini Sukarobot terus mengembangkan produk-produknya untuk memenuhi peminat robot di tanah air serta memperluas cakupan usahanya dengan memberikan solusi dan konsultasi robot/mekatronika di Industri. Pengajar disalah satu universitas swasta Jakarta ini berharap Robotika tidak lagi menjadi topik yang asing dan sulit…ROBOT ITU MUDAH!!!

Prinsip hari ini harus lebih baik dari kemaren dan esok harus jauh lebih baik dari hari ini serta prinsip memberi lebih mulia dari menerima, mendorong kuat untuk selalu memperbaiki diri serta menambah pengetahuan dengan terus berbagi.

Current Interest dan spesialisasi:
Robotics and automation design
Mechanical design and robotics structure
CNC machine design
Plastic manufacturing plant developer (Injection and Blow molding)






Zhafar Usamah, pria kelahiran Jakarta 1971 menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Mesinnya di Universitas Andalas-Padang. Lulusan terbaik jurusan teknik mesin angkatan 1989 ini memulai karir sebagai Asisten Manager Otomasi hingga sampai pada posisi Manager Otomasi di PT Wahyu Abadi, salah satu security printing terbesar Indonesia.

Meniti karir diberbagai perusahaan hingga posisi General Manager dan pengalaman mengikuti Middle Management Training baik di Indonesia maupun di Johor Malaysia serta menyelesaikan S2 Marketingnya, tidak membuatnya untuk meninggalkan sistem pengontrolan. Ketertarikan pada dunia kontrol khususnya mikrokontroler dimulainya kembali tahun 2005 setelah 14 tahun bergelut dengan manajemen. Bersama rekannya Ike Suryanda, mencoba menulis buku “Belajar Mikrokontroler Itu Mudah” namun karena kesibukan masing-masing, buku tersebut tak kunjung selesai, harapan dengan bantuan Salman buku ini bisa segera terbit.

Akhir 2007, mencoba berkarir di perusahaan mikrokontroler, bidang yang selama ini diminati. Dimulai dengan project pembuatan program mikrokontroler pada RTU (Remote Terminal Unit) sampai pembuatan program untuk PC pada Master Terminal Unit hingga ke sistem SCADA di PT. Chevron Pacific Indonesia pada akhir tahun 2008 adalah rangkaian karirnya di sistem kontrol yang merupakan bidang yang ditekuninya sampai hari ini.

Pertemuan dengan Salman di pertengahan tahun 2009, membuatnya kembali tertarik dengan dunia pengontrolan khususnya robotika, bidang yang dipilih untuk project tugas akhir S1-nya. Tahun 2009 bergabung dengan sukarobot yg telah lebih dulu diirintis oleh Salman tahun 2004. Sukarobot yang awalnya mengimpor hardware system pengontrolan robot, kini tidak lagi, semuanya bisa dirakit dan diprogram sendiri olehnya. “Kita bisa kenapa harus import” ungkapan singkatnya ke Sukarobot.

Bersama Sukarobot, berharap bisa berkontribusi ke peminat bidang ini dan sangat yakin bahwa robotika bukanlah sesuatu yang asing apalagi sulit…ROBOT ITU MUDAH!!!

Current Interest dan spesialisasi:
SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition)
PLC (Programmable Logic Controller)
Microcontroller programming
Visual Basic, Delphi, dan C programming, terutama untuk komunikasi dengan Microcontroller
Mechatronics application

Alfi Syahrin, lahir di Barabai pada tanggal 6 Maret 1981, adalah seorang pemuda yang sudah merantau dari kampung halaman semenjak lulus SMP. Menginjakkan kaki di pulau Jawa untuk pertama kali di Semarang, dengan tujuan menempuh 3 tahun pendidikan sekolah menengah atas di sebuah daerah bernama Magelang. Setelah menempuh pendidikan SMAnya di sebuah SMA swasta bernama SMA Taruna Nusantara, dia memilih untuk melanjutkan jenjang pendidikannya di Universitas Gajah Mada dengan jurusan Teknik Elektro. Kegagalan saat mengikuti seleksi beasiswa Nanyang Technology University, membawa dia ke sebuah institusi Lippo Bank Group yang memberikannya beasiswa penuh untuk berkuliah di Universitas Pelita Harapan. Kuliah 1 tahun yang dia tempuh di UGM kemudian ditinggalkannya dan mengambil kesempatan pendidikan di UPH dengan jurusan yang sama yaitu Teknik Elektro. Kuliah ini hampir bisa diselesaikan dalam waktu 3,5 tahun, akan tetapi akibat padatnya aktivitas yang dilakukan diluar jam kuliah membuat dia harus menyelesaikannya dalam kurun waktu 4 tahun. Aktivitas luar kuliah yang dilakukannya adalah sebagai tenaga pengajar lepas di beberapa lembaga bimbingan belajar, dengan fokus pada mata pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia.

Selain dibidang bimbingan belajar, dia juga melakukan kegiatan organisasi mahasiswa pada Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) UPH sebagai Ketua Komisi. Selain itu, aktivitas lainnya adalah menjadi freelance pada Lippo Bank sebagai Customer Service Call Center.

Setelah lulus kuliah, perkejaan yang digeluti pertama kali adalah sebagai IT Support Office pada PT. First Media (a.k.a Kabelvision), setelah beberapa waktu kemudian, dia mengikuti sebuah program Engineer Development Program yang diadakan oleh PT. Trakindo Utama dan Edison Mission Operation and Maintenance Indonesia untuk melaksanakan tugas-tugas on site Machine Condition Monitoring. Pada tahun 2005, dia bergabung dengan PT Dynaplast Tbk sebagai salah satu Management Trainee. Setelah lulus dari program MT dengan predikit terbaik, dia ditugaskan untuk membangun sebuah departmen baru yang bernama Departemen Mekatronika. Pengalaman teknis dan manajemen yang dia dapatkan selama ini secara langsung diterapkan pada pengembangan departemen baru ini.

Kegiatan di luar kantor banyak diisi bersama keluarga selain itu dia juga melakukan pembuatan program-program aplikasi kontrol untuk industri. Aplikasi-aplikasi kontrol ini banyak menggunakan sistem PLC sebagai basis sistem kontrolnya, sedangkan aktuator yang digerakkan terdiri dari beragam jenis seperti motor listrik, hidrolik, dan pneumatik. Sistem yang sedang dikembangkan saat ini adalah sistem kontrol berbasis iPC atau industrial PC dan pembuatan human machine interface berbasiskan bahasa program Visual Basic 2005. Adapun sistem PLC yang sering digeluti adalah Allen Bradley RSLogix500, FactoryTalk View Machine Studio, Open PLC CodeSys, Beckhoff TwinCAT, GX Software Mitsubishi, CXOne OMRON, dan TwidoSuite 2.10 Schneider Electric.

Dengan semangat “Belajar adalah sumber ilmu, dan pengalaman adalah airnya” menjadikannya semakin giat dalam proses pengembangan dan pembelajaran diri.

Current Interest dan spesialisasi:
PLC (Programmable Logic Controller) programming
Mechatronics application
HMI developtment

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Suka Robot dot Com"

Posting Komentar