Read This Post

Rangkaian Differentiator & Integrator

Differentiator



Rangkaian differentiator dibuat dengan menggunakan kapasitor (C) dan Resistor (R) yang disusun sesuai gambar di samping. Pada rangkaian di samping sinyal pulsa diberikan pada terminal masukan. Ketika sinyal pulsa tegangan naik tiba-tiba dari 0 ke maksimum, Arus yang digunakan untuk men-charge kapasitor juga mendadak naik ke nilai maksimum sejalan dengan tegangan. Pada saat kondisi kapasitor di-charge ini, Karena arus ada yang digunakan untuk men-charge kapasitor maka arus yang melewati resistor juga akan menurun secara eksponensial sehingga tegangan keluaran akan menurun juga secara eksponensial sampai ke 0. Oleh karena itu kita akan mendapatkan tegangan output seperti pada gambar di bawah yakni tegangan yang naik secara tiba-tiba ke maksimum (tapi tegangan kebalikannya) kemudian menurun secara eksponensial sampai 0.
Ketika pulse tegangan jatuh dari maksimum ke 0 maka kapasitor akan discharge. Kapasitor akan bertindak sebagai sumber tegangan buat resistor, tapi berlawanan arah dengan tegangan yg pertama. Arus discharge pada saat awal bernilai maksimum kemudian menurun secara eksponensial sampai 0. Jadi pada satu pulsa pertama, kapasitor dicharge (pengisian), dan pada saat pulsa 0, kapasitor discharge (pengosongan). Kejadian ini berulang terus pada pulsa berikutnya.
Hukum Ohms menyatakan bahwa arus berbanding lurus dengan tegangan. Begitu juga sebaliknya. V = I.R
Pada gambar di bawah ini, tegangan input berupa sinyal pulsa berwarna hijau dan tegangan outputnya berwarna merah.



Grafik pengosongan kapasitor adalah sebagai berikut :

grafik-v-pengosongan-kapasitor

Integrator



Rangkaian integrator terdiri dari sebuah kapasitor dan resistor yang dihubungkan seperti gambar di bawah ini. Sebuah sinyal pulsa(grafik warna hijau) diberikan pada input rangkaian. Ketika input naik secara mendadak dari 0 ke maksimum, kapasitor charge secara eksponensial melalui resistor. Grafiknya seperti ditunjukkan oleh garis warna merah. Ketika pulsa masukan berubah dari maksimum ke 0 secara mendadak maka kapasitor akan discharge secara eksponensial sampai 0 (habis).Proses ini berulang untuk masing-masing pulsa masukan.

Grafik Pengisian Kapasitor sebagai berikut :

grafik-i-pengisian-kapasitorgrafik-v-pengisian-kapasitor
Simulasi dengan menggunakan Proteus.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Rangkaian Differentiator & Integrator"

Posting Komentar