Read This Post

Pembuatan Skematik dan Simulasi dg Proteus (Contoh 1)

Cara Menggunakan Aplikasi
Aplikasi Proteus terdiri dari dua aplikasi yang terpisah yaitu ISIS dan ARES. ISIS digunakan untuk merancang skematik dari rangkaian yang ingin kita buat sedangkan ARES digunakan untuk perancangan PCB. Pada dokumen ini, penulis akan mencoba memberikan contoh penggunaan kedua aplikasi ini untuk membuat suatu rangkaian LED. Penulis akan mencontohkan bagaimana cara untuk membuat rancangan, membuat komponen, melakukan simulasi dan juga membuat rancangan PCB. Berikut adalah contoh rangkaian sederhana yang akan di rancang:

Sebagai tambahan, akan dibuat sebuah header untuk menerima input dari luar (T-BLOK).





Perancangan Skematik

Seperti telah disinggung sebelumnya, untuk melakukan perancangan skematik, gunakan ISIS. Jalankan ISIS hingga muncul tampilan sebagai berikut:



Toolbar yang ditandai dengan no.1 (P dan L) digunakan untuk:

● P –> Mengambil sebuah komponen.

● L –> Menambah/menghapus Library.

Toolbar yang ditandai dengan no.2 digunakan untuk simulasi.
Bagian No.3 digunakan untuk menunjukkan list komponen ketika kita akan memilih memilih komponen.
Bagian No.4 digunakan untuk meletakkan rancangan skematik rangkaian yang akan kita buat. Selain itu, perhatikan toolbar yang memanjang dari atas ke bawah pada bagian pojok kiri dari aplikasi karena toolbar-toolbar itu merupakan toolbar yang penting dan sering digunakan dalam aplikasi ini.

Pengambilan komponen

Dari rangkaian berarti kita membutuhkan 1 buah LED, 1 buah Resistor, dan Header (TBLOK) untuk input tegangan 5 V. Di sini penulis menganggap Header belum ada dalam library sehingga perlu dibuat terlebih dahulu (untuk memberikan contoh bagaimana pembuatan suatu package yang belum ada sebelumnya). Tapi sebelumnya, penulis membuat rangkaian yang langsung terhubung dengan poweruntuk melakukan simulasi dan melihat apakah rancangan berjalan dengan benar atau tidak.

Pertama, pilih toolbar paling kiri ke mode terminal, kemudian pilih Ground. Untuk menempatkan terminal, cukup klik pada bagian No.4 seperti ditunjukkan pada gambar sebelumnya.



Untuk terminal ini, pada contoh digunakan terminal POWER dan GROUND.

Langkah berikutnya, pilih toolbar “component” kemudian pilih ‘P’ pada toolbar yang ditandai dengan no.1 pada gambar sebelumnya. Kemudian cari komponen LED dan RESISTOR.





Perlu diperhatikan, bahwa untuk komponen LED tidak diberikan footprint yang benar (gambar yang di-highlight). Untuk LED, isi PCB Package dengan LED. Untuk membuka window edit component di atas, cukup double klik pada komponen LED. Selanjutnya, lakukan hal yang sama seperti sebelumnya untuk pengambilan komponen resistor. Untuk resistor, footprint sudah tersedia dengan nama RES40.

Wiring
Wiring adalah pembentukan interkoneksi antar komponen yang telah kita ambil tadi sehingga sesuai dengan rangkaian yang kita inginkan. Caranya cukup menggunakan mouse, namun sebelumnya pilih toolbar ke gambar panah . Untuk menarik wire, cukup arahkan pointer mouse anda ke ujung salah satu komponen, klik kemudian tarik ke arah komponen lain yang ingin dihubungkan, kemudian klik lagi.



Hasil dan simulasi :

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

3 Response to Pembuatan Skematik dan Simulasi dg Proteus (Contoh 1)

adam
Minggu, 13 Desember, 2009

saya nyoba pake mikro ga bisa ya..kemaren nyoba pake ADC

Senin, 14 Desember, 2009

Gak bisanya banyak penyebabnya:
1. Kemungkinan rangkaiannya masih salah,
2. Jika rangkaiannya benar, apakah mikronya sudah diprogram,
3. Jika mikro sudah diprogram, apakah program sudah dimasukkan ke mikro,
4. Jika sudah dimasukkan, apakah programnya sudah benar?
5. Jika program sudah benar tidak mungkin gak jalan! Jika demikian coba analisa faktor x!
6. Mungkin jika mau, rangkaiandan programnya bisa dikirim via email ke info@depohar50.info biar dikoreksi!
7. Thanks udah mampir. Jangan pantang menyerah...

Anonim
Senin, 24 Mei, 2010

pak ada contoh rangkaian mikrokontroller AT89C51 dengan output 8x7-segment CA dan programnya gak...

Posting Komentar