Read This Post

Modulasi Amplitudo

Jika kita menghubungkan sebuah kabel panjang pada terminal keluaran dari Hi-Fi amplifier dan sebuah kabel panjang lainnya pada terminal masukan amplifier lainnya maka kita bisa mentransfer music dengan jarak tidak begitu jauh. Tapi jangan dicoba Karena mungkin bisa merusak amplifier.


Sebuah gelombang radio dapat ditransmisikan untuk jarak jauh. Agar sinyal audio dapat ditransmisikan dengan jarak jauh maka sinyal audio tersebut harus ditumpangkan pada gelombang radio. Proses ini disebut dengan Modulas. Gelombang radio disebut sebagai gelombang pembawa/carrier. Sinyal audio disebut sinyal pemodulasi. Pada saat proses peneriman gelombang termodulasi pada receiver disebut dengan proses  

Demodulasi.
Dari diagram di bawah ini terlihat bahwa jika sinyal pembawa dimodulasi  maka amplitude-nya akan naik turun sesuai dengan sinyal pemodulasi. Naik turunnya amplitude dikisaran amplitude sebelum dimodulasi.
Modulasi di bawah adalah modulasi sekitar 50%. Modulasi maksimum adalah modulasi 100%. Lebih dari itu akan mengakibatkan distorsi sinyal.



Kebanyakan penyiaran membatasi modulasi sampai 80%.
Memodulasi frekuensi pembawa dengan frekuensi audio menghasilkan dua buah frekuensi baru. Baca bagian Mixer supaya lebih jelas. Frekuensi baru ini disebut frekuensi upper dan lower Side Band (USB & LSB). USB adalah frekuensi pembawa ditambah dengan frekuensi audio, sedangkan LSB adalah frekuensi pembawa dikurangi frekuensi audio.
Sinyal audio adalah bukan sebuah sinyal akan tetapi sinyal ang sangat kompleks akan tetapi frekuensinya tetap pada rentang 20 Hz – 20 KHz. Sideband-nya masing-masing adalah 20 Hz – 20 KHz.


Jika kita mentransmisikan siaran radio di Medium Wave Band maka kita akan memerlukan banyak ruang frekuensi band dalam artian bandwidth sinyal yang dibutuhkan besar yakni spave untuk sinyal upper dan lower. Pada contoh di atas akan dibutuhkan bandwidth 40 KHz padahal pada Band Medium Wave lebarnya hanya 500 Khz sehingga akan hanya cukup untuk 12 stasiun radio, oleh sebab itu untuk penyiaran, bandwidth dari stasiun radio dibatasi hanya sampai 9 KHz sehingga akan mengakibatkan kualitas suara yang ditransmisikan juga kurang bagus.

Jika ada dua stasiun radio yang frekuensi siaranny aberdekatan maka sideband-nya akan bercampur dan menghasilkan suara Heterodyne.

Pada transmisi single sideband (SSB) hanya salah satu sideband yang ditransmisikan. Sideband yang satunya dihilangkan. Hal ini dilakukan untuk menghemat bandwidth yang digunakan. Salah satu sideband bisa dihilangkan karena masing-masing sideband ini membawa informasi yang sama.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Modulasi Amplitudo"

Posting Komentar