Read This Post

GELAR PRCPB DI LANUD ABD SALEH





Menindaklanjuti rapat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Lanud Abd Saleh beberpa waktu yang lalu, hari ini Rabu (25/11) di laksanakan gelar Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bancana (PRCPB) di Taxy Way Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh.

Upacara PRCPB yang diikuti oleh pasukan gabungan TNI/Polri dan instansi sipil di wilayah Jawa Timur dengan Inspektur upacara Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Ma’arif. Hadir dalam gelar PRCPB adalah para pejabat kementrian lembaga, para pejabat eselon I dari BNPB, para pejabat TNI/Polri dan para pejabat sipil lainnya.

Ketua BNPB dalam sambutannya mengatakan, bencana demi bencana selalu muncul di Negara Indonesia, hal ini sebagai akibat dari posisi negara Indonesia yang berada di daerah rawan bencana. Untuk itu sesuai dengan Undang-undang no. 24 tahun 2009 dibentuklah organisasi BNPB. Sementara untuk tingkat daerah dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah Propinsi serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten atau Kota.

Diharapkan dengan adanya organisasi ini maka semua potensi yang tadinya bertindak sendiri-sendiri dapat terkoordinasi dengan baik. Kita harus menunjukkan ke negara asing bahwa Indonesia boleh dibilang supermarket bencana tetapi kita juga adalah supermarket para ahli penanggulangan bencana.

Kita harus buktikan bahwa apa yang dikerjakan anggota TNI, Polri, SAR, Kesehatan, SDM, PU Depsos, Pramuka, Pemuda dan lain sebagainya cukup memberikan jawaban bahwa kita mampu menangani sendiri. Kita tinggal menyikapi menyatukan kemampuan ini menjadi satu dan kita siap setiap saat. Ujarnya.

Lebih lanjut Samsul Ma’arif mengatakan kehendak Presiden untuk membentuk Satuan Reaksi Cepat penanggulangan Bencana ini sebagai penindak awal, jam-jam awal ketika terjadi kepanikan di wilayah yang terkena bencana merupakan sebuah kehendak yang bersifat strategis. Karena besarnya wilayah Indonesia, maka satuan reaksi cepat ini dibagi 2 yaitu satuan reaksi cepat wilayah barat dan satuan reaksi cepat wilayah timur.

Usai upacara dilakukan pengecekan dan demo kesiapan peralatan dari masing-masing tim PRCPB

sumber: web TNI AU

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "GELAR PRCPB DI LANUD ABD SALEH"

Posting Komentar