Read This Post

E-3 Sentry (AWACS)


E-3 Sentry adalah sebuah pesawat untuk keperluan peringatan udara dan sistem kontrol (AWACS) yang mampu beroperasi disegala cuaca serta menyediakan fungsi pengawasan, komando, kontrol dan komunikasi yang dibutuhkan oleh komandan AS, NATO, dan pasukan pertahanan udara sekutu.

E-3 Sentry adalah pesawat Boeing 707/320 yang dimodifikasi dari badan pesawat komersial dengan kubah radar yang berputar. Kubahnya memiliki diameter 30 feet (9,1 meter, tebal enam feet (1,8 meter), dan diletakkan 11 feet (3.33 meter) di atas pesawat oleh dua strut. Radar ini berisi subsistem yang memungkinkan pengamatan dari permukaan bumi naik ke stratosfir, di atas tanah atau air.

Radar memiliki jangkauan lebih dari 250 mil (375,5 kilometer) untuk target terbang rendah dan lebih jauh untuk kendaraan angkasa yang terbang pada ketinggian sedang sampai ketinggian yang sangat tinggi. Radarnya dikombinasikan dengan subsistem untuk identifikasi kawan atau lawan sehingga mampu memantau ke bawah untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan melacak musuh dan kawan yang terbang rendah dengan menghilangkan clutter (rintangan) yang dapat mengacaukan sistem deteksi radar.

Subsistem utama lainnya dalam E-3 yaitu navigasi, komunikasi dan komputer (pengolahan data). Console menampilkan data yang sudah diproses dalam format grafik dan tabel pada layar video. Interface operator di Console digunakan untuk keperluan pengawasan, identifikasi, kontrol senjata, manajemen pertempuran dan fungsi komunikasi.

Radar dan subsistem komputer pada E-3 Sentry dapat mengumpulkan dan menyajikan informasi yang lengkap dan memiliki cakupan yang luas dari sebuah medan pertempuran. Data terus dikumpulkan selama terjadinya  peristiwa. Data yang dimaksud  termasuk posisi dan informasi tentang pelacakan pesawat  musuh, kapal-kapal, dan lokasi serta pesawat kawan dan juga kapal-kapal angkatan laut. Informasi dapat dikirim ke Komando Atas dan pusat-pusat kontrol di daerah belakang atau di komando kapal. Dalam masa krisis, data ini dapat diteruskan ke presiden dan menteri pertahanan di Amerika Serikat. Sistem ini adalah sistem yang memiliki ketahanan tinggi terhadap jamming pada saat melaksanakan misi.

Untuk dukungan operasi udara-ke-darat, E-3 Sentry dapat memberikan informasi yang bersifat langsung yang diperlukan untuk larangan, pengintai, pengangkutan melalui udara udara dan dukungan udara jarak dekat untuk  pasukan darat kawan. E-3 Sentry  juga mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan komandan operasi udara untuk mendapatkan dan mempertahankan kendali pertempuran di udara.

Sebagai sebuah sistem pertahanan udara, E-3 mampu mendeteksi, mengidentifikasi dan melacak kekuatan musuh di udara yang lokasinya jauh dari batas-batas Amerika Serikat atau negara-negara NATO. E-3 mampu memandu pesawat tempur-pencegat menuju target musuh. Pengalaman telah membuktikan bahwa E-3 Sentry dapat merespon dengan cepat dan efektif untuk  keadaan yang krisis dan mendukung penggelaran operasi militer di seluruh dunia.

Dengan mobilitas sebagai peringatan udara dan sistem kontrol, E-3 Sentry memiliki kesempatan lebih besar untuk bertahan dalam peperangan daripada system radar darat yang tetap. Selain dari pada itu, jalur penerbangannya dapat dirubah dengan cepat sesuai dengan kebutuhan misi dan pertahanan pesawat itu sendiri. E-3 bisa terbang dalam misi selama lebih dari 8 jam tanpa pengisian bahan bakar. Jangkauan dan lama terbangnya dapat ditingkatkan dengan pengisian bahan bakar di udara dan penggunaan area istirahat pada kru yang sedang on-board.

Pada awalnya perakitan, tes dan evaluasi E-3 Sentry dimulai pada bulan Oktober 1975. Pada bulan Maret 1977 552nd Airborne Warning and Control Wing (yang sekarang dikenal dengan 552nd Air Control Wing, Tinker Air Force Base, Okla), menerima E-3. Yang pertama.
Air Combat Command memiliki 28 E-3 di Tinker. Pacific Air Forces memiliki empat E-3 yang ditugaskan ke 961st Airborne Air Control Squadron (AACS), Kadena AB, Jepang dan 962nd AACS, Elmendorf  AFB, Alaska. Dan juga ada satu pesawat uji di Boeing Aircraft Company.

NATO telah mengambil alih 17 E-3A's dan peralatan pendukungnya. Pertama kali E-3 disampaikan kepada NATO pada bulan Januari 1982. Britania Raya memiliki tujuh E-3, Perancis memiliki empat, dan Arab Saudi telah memiliki lima. Jepang memiliki empat AWACS yang ditempatkan pada badan pesawat Boeing 767.

Sebagaimana dibuktikan dalam operasi Desert Storm, Allied Force, Enduring Freedom dan Kebebasan Irak, E-3 Sentry merupakan komando pertempuran udara dan kontrol pesawat yang utama di dunia. Pesawat AWACS dan awak pesawatnya adalah instrumental bagi keberhasilan dalam penyelesaian permasalahan operasi Northern and Southern Watch, dan masih terlibat dalam operasi Noble Eagle dan Enduring Freedom. Mereka menyediakan pengawasan radar dan pengendalian selain memberikan informasi penting kepada pemimpin senior tentang informasi penting mengenai tindakan-tindakan kekuatan musuh.

Kemampuan pengumpulan data dari E-3 subsistem radar dan komputer memungkinkan seluruh perang udara untuk direkam untuk pertama kalinya dalam sejarah peperangan udara.

Pada bulan Maret 1996, Angkatan Udara mengaktifkan 513th Air Control Group, sebuah AWACS Reserve Program Associate unit, yang melakukan tugas-tugas aktif pesawat.

Selama musim semi 1999, pesawat AWACS yang pertama menjalani program pengembangan sistem radar. RSIP (Radar System Improvement Program) adalah program gabungan AS / NATO untuk modifikasi/upgrade hardware dan software sistem radar yang sudah ada. Instalasi RSIP ini berupaya meningkatkan kemampuan operasional E-3 radar terhadap penanggulangan jamming dan kemmapuan electronic counter-measures (ECM), dan juga meningkatkan kehandalan sistem, kemampuan perawatan dan ketersediaan.

E-3 Sentry - Karakteristik Teknis Umum
·    Fungsi utama: pengawasan pesawat, komando, kontrol dan komunikasi
·    Pembangun: Boeing Aerospace Co.
·    Power Plant: Empat Pratt dan Whitney TF33-PW-100A mesin turbofan
·    Dorongan: 21,000 pon (9.450 kg) setiap mesin
·    Panjang: 145 kaki, 8 inci (44 meter)
·    Lebar sayap: 130 kaki, 10 inci (39,7 meter)
·    Tinggi: 41 kaki, 4 inci (12,5 meter)
·    Rotodome: diameter 30 kaki (9,1 meter), tebal 6 kaki (1,8 meter), dipasang 11 kaki (3.33 meter) di atas pesawat
·    Speed: Optimum jelajah 360 mph (Mach 0,48)
·    Ceiling: Di atas 29.000 kaki (8.788 meter)
·    Lepas landas maksimum Berat: £ 347.000 (156.150 kilogram)
·    Endurance: Lebih dari 8 jam (un mengisi bahan bakar)
·    Satuan Biaya: $ 270 juta (fiskal konstan 98 dolar)
·    Crew: Awak Penerbangan empat  orang ditambah 13-19 awak spesialis (jumlah awak bervariasi sesuai misi)
·    Tanggal dikirim: Maret 1977
·    Inventaris: Aktif angkatan, 33 (1 test); Reserve, 0; Guard, 0

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "E-3 Sentry (AWACS)"

Posting Komentar