Read This Post

Disable / Blok Program Tertentu di Windows XP

Apakah komputer kantor anda sering dipakai bermain game oleh karyawan anda? atau karyawan anda mungkin membuka aplikasi yang tidak anda ijinkan? Atau komputer pribadii anda dipakai oleh anak atau istri dan anda menginginkan program tertentu agar tidak bisa dijalankan oleh si pemakai?! Tidak usah khawatir, kita bisa memblok aplikasi yang tidak kita inginkan berjalan di komputer kantor atau komputer pribadi kita.

Ada beberapa aplikasi yang berpotensi membahayakan sistem. Untuk permasalahan yang seperti ini biasanya kita menyerahkan “nasib” pada program antivirus, firewall dan sejenisnya. Repotnya, tidak semua aplikasi berbahaya bisa ditangkap oleh program-program semacam itu. Akan lebih baik kalau kita bisa memblokir sendiri aplikasi-aplikasi yang berbahaya tersebut.

Berikut ini adalah cara memblokir aplikasi-aplikasi yang tidak kita inginkan :
  1. Jalankan Registry Editor.
  2. Pada jendela Registry Editor masuklah ke key HKEY_CURRENT_USER-Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion -Policies-Explorer.
  3. Buat DWORD value baru dengan mengklik kanan mouse lalu pilih [New] > [DWORD Value] dan beri nama DisallowRun.
  4. Klik dua kali data tersebut kemudian isi valuenya dengan nilai 1.
  5. Setelah itu buat sebuah subkey baru bernama DisallowRun sehingga terbentuk key: HKEY_CURRENT_USER-Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion -Policies-Explorer-DisallowRun.
  6. Pada key DisallowRun tersebut, Anda dapat mendefinisikan nama file aplikasi yang ingin Anda blok. Caranya, buat string value baru dengan mengklik kanan mouse lalu pilih New > String Value. Beri nama string value tersebut dengan angka 1. Untuk memblok aplikasi-aplikasi lain Anda dapat membuat string value baru dengan angka lain secara berurutan, seperti 2, 3, 4, dan seterusnya. Kemudian pada value datanya isikan dengan nama file yang ingin Anda blok, misalnya regedit.exe.
  7. Setelah melakukan langkah-langkah tadi, restart Windows Anda.

    JIka anda malas mengikuti langkah 1 – 7 di atas, maka anda bisa mendownload registry di bawah ini, kemudian edit atau tambahkan sendiri aplikasi yang ingin di block dengan text editor seperti Notepad, WordPad, atau Notepad++.
Download registry here
Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat dua gambar di bawah ini. Terimakasih

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

2 Response to Disable / Blok Program Tertentu di Windows XP

Anonim
Kamis, 08 April, 2010

Pixelna kekecilan..dah di zum
di fox ane masih burek..
di edit dong...biar jelas
thanks..

Jumat, 09 April, 2010

Gak kok....itu cuma blum diklik aja...coba klik dech kan jadi besar!

Posting Komentar