Read This Post

Berbagi cerita tg Kejujuran, Kesabaran dan Kerja Keras dg studi kasus pertandingan sepak bola


Pekerjaan apapun yang dilandasai kejujuran, kesabaran, kerja keras, keiklasan untuk berkorban, dan lain2 sejenisnya niscaya lambat laun akan menghasilkan kesuksesan. Berikut bukti-buktinya:

Baru saja Kami bermain sepak bola dengan hasil yang memuaskan yakni skor untuk kami 3-2. Pada hari ini, kamis 9 Nopember 2009, Kami Team Sepak Bola Depohar 50 bermain bersama(permainan persahabatan) melawan Team Lanud Adi Soemarmo. Sebelum cerita indah ini terjadi, minggu kemaren kami telah bermain melawan tim Lanud akan tetapi hasilnya kurang memuaskan dan banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran/kecurangan baik dari tim kami maupun tim lanud. Sehingga setelah permainan selesai dengan terpaksa Saya selaku yang tertua di Tim Depohar 50 memberikan sedikit amarah dan peringatan kepada Tim untuk bermain baik di kemudian harinya.

Berikut ini cerita indahnya. Sebelum permainan dimulai, seperti biasa saya selaku yang dituakan memimpin doa, membagi susunan permainan. Pada kesempatan ini, kami menggunakan formasi kalajengking (formasi dengan serangan sayap dan sengatan tajam dari tengah). Dengan pengalaman permainan minggu kemaren yang hasilnya kurang memuaskan, saya sedikit memberikan perhatian kepada Tim sebelum memulai pertandingan. Isi perhatiannya menekankan bahwa kita(Tim Depohar 50) harus bermain dengan jujur, tidak ada pikiran untuk curang, saling bekerjasama dan percaya dengan anggota tim dan yang terpenting jika menjatuhkan lawan harus kita angkat yang merupakan salah satu bentuk sportifitas dan tindakan menghargai lawan kita di medan pertandingan.

Setelah selesai memberikan perhatian tersebut kami mulai bermain karena waktu sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB. Permainan babak pertama terjadi sangat seru, beberapa peluang dari Tim Depo tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penyerang tengah. Menit-menit akhir babak pertama kami kebobolan satu gol karena kesalahan pemain belakang. Pemain belakang mengira terjadi offside, akan tetapi wasit melihat tidak terjadi offside sehingga pemain lawan dengan leluasa menggiring bola dan Gol pun terjadi. Tidak berselang beberapa lama gol kedua terjadi karena tendangan pojok. Salah satu pemain lawan berhasil memanfaatkan tendangan pojok tersebut sehingga gol kedua tidak bisa dibendung. Babak pertama selesai dengan skor 0-2 (tim kami ketinggalan).

Setelah istirahat selama 5 menit, babak kedua pun dimulai. Meski sudah ketinggalan 2 gol kami tetap semangat. Sesuai dengan arahan tadi, tim tetap bermain dengan semangat, tidak ada saya liat pikiran-pikiran dan tindakan curang dari tim. Akhirnya dengan kesabaran dan kerja keras tim, keberuntungan mulai memihak kepada kami. Kami mendapat tendangan bebas karena terjadi pelanggaran pada jarak kurang lebih 30 meter dari gawang lawan. Tendangan bebas pun diambil. Posisi saya pada saat itu tidak dikawal lawan, tendangan bebas mengarah ke pada saya yang berjarak sekitar 10 meter di depan gawang. Sehingga dengan leluasa bola saya tendang dengan sedikit gerakan salto, dan…gol pun terjadi, skor berubah menjadi 1-2. Gol ini memacu semangat tim, meski waktu sudah menunjukkan menit ke-30 di babak kedua. Tak berselang beberapa lama pada menit ke-35 terjadi gol kedua kami. skor menjadi 2-2, dan pada menit berikutnya terjadi pelanggaran dari jarak kurang lebih 50 meter dari gawang tim Lanud, tendangan bebas diambil oleh yang dituakan (si penulis berita). Tendangan keras dari saya tepat jatuh di depan penjaga gawang, karena bola basah oleh air hujan, penjaga gawang tidak bisa membaca jatuhnya bola sehingga bola tepat masuk diantara kedua kaki penjaga gawang sehingga lagi-lagi gol. Gol ketiga ini merubah skor menjadi 3-2. Skor ini bertahan sampai akhir pertandingan, sehingga tim Depohar 50 menang atas tim Lanud Adi Soemarmo dengan skor 3-2.

Kejadian indah ini menjadi bukti bahwa keberuntungan akan memihak kepada siapa saja yang berbuat jujur, sabar, dan kerja keras. Memang kata-kata ini kata-kata biasa yang sering kita dengar, tapi kadang implementasinya di lapangan/bidang kerja kita sulit diaplikasikan. Banyak faktor yang menyebabkan “hukum” ini sulit diaplikasikan, setiap orang mungkin memiliki alasan yang berbeda-beda.

Kejujuran yang diaplikasikan didalam permainan ini tidak hanya diaplikasikan dalam bentuk tindakan akan tetapi diaplikasikan juga dalam pikiran setiap anggota tim karena kami percaya dengan berpikir saja segala sesuatu akan bisa berdampak/berakibat apalagi dengan berbuat. Karena kami percaya dengan Hukum Aksi-Reaksi / Sebab-Akibat yang diimplementasikan dalam pikiran, perkataan dan perbuatan kita.

Sebenarnya hukum-hukum seperti itu merupakan Rahasia dari alam yang sudah menjadi rahasia umum, orang-orang sukses sudah menerapkan hukum-hukum tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.

Terimakasih. Semoga kisah ini bermanfaat buat pembaca yang budiman. Untuk kisah-kisah yang lain sebenarnya masih banyak, sambil jalan nanti kita bagi. Kisah-kisah keberuntungan di sekitar kita.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Berbagi cerita tg Kejujuran, Kesabaran dan Kerja Keras dg studi kasus pertandingan sepak bola"

Posting Komentar