Read This Post

Amplifier / Penguat



Amplifier/Penguat biasa digunakan untuk meningkatkan tegangan atau amplitude daya dari sinyal. Amplifier memiliki banyak pengaplikasian. Penguat Tegangan Audio/suara menguatkan amplitude sinyal dengan rentang frekuensi 20 Hz – 20 KHz yang merupakan rentang frekuensi yang bisa di dengar oleh manusia. Biasanya digunakan sebagai pre-amplifier sebelum sinyal dikuatkan oleh amplifier utama.

Penguat Daya Audio/suara meguatkan daya suara untuk diberikan ke loudspeaker. Penguatannya juga pada rentang frekuensi di atas.

Penguat INTERMEDIATE FREQUENCY (i.f.) biasa digunakan pada radio receiver seperti radar. Sinyal radio frekuensi tinggi dirubah ke intermediate frequency oleh sirkuit frequency changer. Intermediate frequency dari radio AM adalah sekitar 455 KHz dan pada radio FM sekitar 10,7 MHz

Penguat frekuensi radio memperkuat band frekuensi yang dipilih. Rentang frekuensi radio yakni berkisar dari 30 KHz sampai ribuan MHz, frekuensi bandnya dipilih dengan menggunakan Band Pass Filter atau sirkuit untuk tuning.

Penguat WIDE BAND didesain untuk memperkuat band frekuensi yang sangat lebar, seperti beberapa Hertz sampai ratusan MHz.

Penguat VIDEO biasa digunakan pada kamera tv, receiver, vcr, dll. Bandwidth-nya dari DC sampai 6MHz.

Penguat DIRECTLY COUPLED tidak memiliki kapasitor kopling diantara tingkatan penguatnya sehingga penguat ini bisa juga memperkuat sinyal DC.

Penguat DIFFERENTIAL memiliki dua input-an. Penguat ini memperkuat perbedaan tegangan dari kedua input-an tersebut. Jika kedua input-an sama besar maka output dari penguat tidak ada.Jika ada sinyal interference maka sinyal tersebuat akan dimasukkan di kedua masukan/input-an sehingga sinyal pengganggu tersebut tidak akan keluar di output dari penguat. OPAMPS adalah salah satu contoh dari penguat differential.

Do Your Best, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Amplifier / Penguat"

Posting Komentar